Langsung ke konten utama

Pointer


Bagaimana cara kerja pointer?
 
Pointer adalah suatu variable yang menunjuk ke variable lainnya dengan cara menyimpan alamat dari variable lain. Pointer juga dapat mendapatkan isi dari memori dan mengubah isi dari variable yang ditunjuk.
Ada 2 operator pada pointer:
1.     Address-of Operator (&)
Digunakan untuk melihat alamat memori dari suatu variable.
 
Notasi :

Judul       : Cara kerja pointer (&)

Oleh        : Rizky Syah Gumelar

Tanggal   : 23 Mei 2022

Kamus :

-      string buah = "Pisang"

-      string *pointer = &buah //variable “pointer” mengambil alamat variable “buah”

Deskripsi :

 

//Menampilkan isi dari sebuah variable

Output "Nama buah : " buah

 

//Menampilkan alamat dari sebuah varible

Output "Alamat : " &buah

 

 

//Menampilkan alamat yang ditunjuk oleh variable pointer

Output "Pointer : " pointer

 

//Menampilkan alamat sebenarnya dari variable pointer

Output "Alamat pointer : " &pointer


Koding :

//Judul       : Cara kerja pointer (&)
//Oleh        : Rizky Syah Gumelar
//Tanggal     : 23 Mei 2022
 
#include <iostream>
 
using namespace std;
 
//KAMUS
string buah = "Pisang"; //variable string
string *pointer = &buah; //variable pointer yang menunjuk alamat
 
int main()
{
    //Menampilkan isi dari sebuah variable
    cout << " Nama buah\t: " << buah << endl;
 
    //Menampilkan alamat dari sebuah varible
    cout << " Alamat\t\t: " << &buah << endl << endl;
 
    //Menampilkan alamat yang ditunjuk oleh variable pointer
    cout << " Pointer\t: " << pointer << endl;
 
    //Menampilkan alamat sebenarnya dari variable pointer
    cout << " Alamat pointer : " << &pointer << endl;
 
    return 0;
}
 


Screenshot Hasil:


2. Dereference Operator (*)
Digunakan untuk mendapatkan isi/nilai dari suatu alamat
 
Notasi :

Judul       : Cara kerja pointer (*)
Oleh        : Rizky Syah Gumelar
Tanggal   : 23 Mei 2022

Kamus :
-      string makanan = "nasi"; //variable string
-      string *pointer = &makanan; //variable pointer yang menunjuk alamat

Deskripsi :
 
int main()
{
    //Menampilkan isi dari sebuah variable
    Output " Nama makanan : " makanan
 
    //Menampilkan alamat dari sebuah varible
    Output "Alamat : " &makanan
 
    //Menampilkan isi dari alamat yang ditunjuk oleh pointer
    Output "Isi pointer : " *pointer
 
    //Menampilkan alamat yang ditunjuk oleh variable pointer
    Output "Pointer : " pointer
 
    return 0
             }


Koding :

//Judul       : Cara kerja pointer (*)
//Oleh        : Rizky Syah Gumelar
//Tanggal     : 23 Mei 2022
 
#include <iostream>
 
using namespace std;
 
//KAMUS
string makanan = "nasi"; //variable string
string *pointer = &makanan; //variable pointer yang menunjuk alamat
 
int main()
{
    //Menampilkan isi dari sebuah variable
    cout << " Nama makanan\t: " << makanan << endl;
 
    //Menampilkan alamat dari sebuah varible
    cout << " Alamat\t\t: " << &makanan << endl << endl;
 
    //Menampilkan isi dari alamat yang ditunjuk oleh pointer
    cout << " Isi pointer\t: " << *pointer << endl;
 
    //Menampilkan alamat yang ditunjuk oleh variable pointer
    cout << " Pointer\t: " << pointer << endl;
 
    return 0;
}
 


Screeenshot Hasil :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flowchart

Pengertian Flowchart. Flowchart adalah suatu diagram dengan tanda-tanda tertentu yang memvisualkan barisan metode secara terperinci dan hubungan antara suatu metode dengan metode lainnya dalam suatu rancangan. Dengan menggunakan flowchart seseorang dapat menerangkan setiap kegiatan yang terjalin dalam struktur tersebut.      Untuk mendesain flowchart, kita harus memahami tanda-tanda yang dapat digunakan untuk merumuskan hal yang berupa masukan, proses atau keluaran dari suatu rancangan. Tidak ada kulifikasi spesifik untuk mendesain suatu flowchart. Kita hanya harus memahami kapan dan dimana tanda tersebut dapat digunakan. Hal itu bermaksud agar orang lain dapat mengartikan dan mengartikan flowchart tersebut secara jelas.     Simbol Flowchart:   Contoh Flowchart:

Tugas Akhir Algoritma Pemrograman - Program Kompetisi

 Program Kompetisi Sepakbola Menggunakan C++ Code : main.cpp #include <iostream> #include "menuawal.h" using namespace std ; int main (){     int pilih;     Menu menu;     while ( 1 ){         system ( "cls" );         menu. showMenu ();         cout << " \t Masukkan Pilihan : " ;         cin >> pilih;         menu. menuInput (pilih);         if (pilih == 7 ){             return 0 ;         }         system ( "pause" );     }     return 0 ; } menuawal.h #include "kompetisi.h" using namespace std ; class Menu {     public:     Kompetisi laLiga;     void showMenu (){         cout << " \t ========================================================================================== \n " ;         cout << " \t |>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> PROGRAM KOMPETISI <<<<<<