Langsung ke konten utama

Algoritma dan Pemrograman

Photo by Luca Bravo on Unsplash



Pengertian Algoritma

    Algoritma adalah metode atau langkah-langkah yang disusun secara tertulis dan berurutan untuk menyelesaikan suatu masalah. Dan Algoritma Pemrograman adalah langkah-langkah yang ditulis secara berurutan untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

    Dalam pemrograman yang sederhana, algoritma merupakan langkah pertama yang harus ditulis sebelum menuliskan program. Masalah yang dapat diselesaikan dengan pemrograman komputer adalah masalah-masalah yang berhubungan dengan perhitungan matematik. Komponen algoritma dalam pemrograman persedural dapat berupa:

  • intruksi dasar seperti input/output dan assignment
  • sequential statement
  • analisis kasus
  • pengulangan

Pengertian Paradigma

    Paradigma adalah sudut pandang tertentu terhadap suatu problem, realitas, keadaan dan sebagainya. Paradigma membatasi dan mengkondisikan jalan berpikir seseorang, mengarahkannya terhadap beberapa atribut dan mengabaikan atribut lain, sehingga paradigma hanya memberikan pandangan yang terbatas terhadap sebuah realitas.

Pengertian Flowchart

    Flowchart adalah suatu diagram dengan tanda-tanda tertentu yang memvisualkan barisan metode secara terperinci dan hubungan antara suatu metode dengan metode lainnya dalam suatu rancangan. Dengan menggunakan flowchart seseorang dapat menerangkan setiap kegiatan yang terjalin dalam struktur tersebut.

    Untuk mendesain flowchart, kita harus memahami tanda-tanda yang dapat digunakan untuk merumuskan hal yang berupa masukan, proses atau keluaran dari suatu rancangan. Tidak ada kulifikasi spesifik untuk mendesain suatu flowchart. Kita hanya harus memahami kapan dan dimana tanda tersebut dapat digunakan. Hal itu bermaksud agar orang lain dapat mengartikan dan mengartikan flowchart tersebut secara jelas.

    Simbol Flowchart:

    Contoh Flowchart:



Pengertian Notasi Algoritma

    Notasi algoritma adalah catatan yang ditulis untuk merancang suatu algoritma dan program dalam bentuk teks yang mudah dipahami dan dibaca oleh manusia sebelum menuliskan program tersebut dalam bentuk bahasa pemrograman. Notasi algoritma penting digunakan karena dapat mempermudah kita untuk merancang suatu program dengan lebih rapi dan terstruktur sebelum menuliskannya kedalam bahasa pemrograman.
    Contoh notasi algoritma:



Pengertian Programming

    Programming adalah suatu proses untuk membuat program di komputer. Yang mana program adalah suatu urutan logika yang berisi input dan output tertentu. Program dapat berupa kode atau perintah agar komputer dapat berjalan sesuai perintah. Program dapat berupa software, website, aplikasi, dan sebagainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flowchart

Pengertian Flowchart. Flowchart adalah suatu diagram dengan tanda-tanda tertentu yang memvisualkan barisan metode secara terperinci dan hubungan antara suatu metode dengan metode lainnya dalam suatu rancangan. Dengan menggunakan flowchart seseorang dapat menerangkan setiap kegiatan yang terjalin dalam struktur tersebut.      Untuk mendesain flowchart, kita harus memahami tanda-tanda yang dapat digunakan untuk merumuskan hal yang berupa masukan, proses atau keluaran dari suatu rancangan. Tidak ada kulifikasi spesifik untuk mendesain suatu flowchart. Kita hanya harus memahami kapan dan dimana tanda tersebut dapat digunakan. Hal itu bermaksud agar orang lain dapat mengartikan dan mengartikan flowchart tersebut secara jelas.     Simbol Flowchart:   Contoh Flowchart:

Tugas Akhir Algoritma Pemrograman - Program Kompetisi

 Program Kompetisi Sepakbola Menggunakan C++ Code : main.cpp #include <iostream> #include "menuawal.h" using namespace std ; int main (){     int pilih;     Menu menu;     while ( 1 ){         system ( "cls" );         menu. showMenu ();         cout << " \t Masukkan Pilihan : " ;         cin >> pilih;         menu. menuInput (pilih);         if (pilih == 7 ){             return 0 ;         }         system ( "pause" );     }     return 0 ; } menuawal.h #include "kompetisi.h" using namespace std ; class Menu {     public:     Kompetisi laLiga;     void showMenu (){         cout << " \t ========================================================================...

Penerapan ADT dan sorting - Phonebook Sederhana

  Koding : // JUDUL = Phone Book dan Sort menggunakan Insertion Sorting //OLEH : RIZKY SYAH GUMELAR //TANGGAL : 9 APRIL 2022   // Kamus #include <iostream> //Include library iostream #include <conio.h> #include <math.h> //SQRT DAN POW Function #include <string.h>   using namespace std ; //Shortcut Std library     struct komponen_phone_book {   string nama, nomor; };   int max_array; int batas (); void input ( int batas_array ); void cetak_phone_book ( int batas_array ); void name_sort ( int batas_array ); void num_sort ( int batas_array );   // Declare ADT ke sebuah variable struct komponen_phone_book phone_book[ 100 ];   //Deskripsi / Algoritma int main (){     //Panggil Function batas   max_array = batas ();   cout << endl;     //Panggil Function Input   input (max_array);     //Cetak Sebelum Sorting   cout << "============ Output...